Cara-Cara Kreatif Mendapatkan Uang Tambahan


via pinterest.com

Punya tagihan yang lebih tinggi dari penghasilan bulananmu? Suka uring-uringan di tanggal tua? Atau kehabisan uang karena keranjingan belanja online? Wah, mungkin ini saatnya kamu mencoba berbagai ide kreatif untuk mendapatkan uang tambahan. Nyoozee punya beberapa rekomendasinya lho! Coba simak cara-cara berikut ini:

 

Adakan Garage Sale

via moving.com

via moving.com

Barang-barang tidak terpakai di rumah sudah begitu banyak? Atau lemarimu sudah tidak cukup lagi menampung pakaianmu di dalam sana? Coba kumpulkan barang-barang tersebut dan jual dalam skala lokal. Kamu bisa membuat garage sale dan meminta bantuan Pak RT setempat untuk mempromosikan hal ini, melalui pemberitahuan di mading atau speaker musala misalnya. Siapa tahu banyak yang berminat dan barang-barangmu terjual habis.

 

Review Makanan hingga Tempat Nongkrong

via hungrygowhere.my

via hungrygowhere.my

Punya kebiasaan mengeluarkan uang banyak hanya untuk nongkrong di tempat-tempat paling hits di ibukota atau sekadar mencicipi makanan tertentu yang sedang ngetren? Coba deh modifikasi kebiasaan tersebut dengan lebih kreatif. Kamu bisa tetap mencicipi makanan tersebut, juga bercengkrama di tempat nongkrongmu. Tapi, jangan lupa untuk meninjau tempat yang kamu kunjungi dalam bentuk tulisan. Sebab saat ini banyak sekali situs yang menghargai tulisan tentang keunggulan dan kekurangan dari sebuah makanan, tempat makan, atau tempat nongkrong. Nah, kamu bisa jadi salah satu kontributornya!

 

Berpartisipasi pada Penelitian Medis

via xocai.xocaistore.com

via xocai.xocaistore.com

Untuk penelitian lanjutan di dunia medis, biasanya para peneliti membutuhkan partisipan untuk mencoba obat-obatan tertentu yang mereka kembangkan. Kamu bisa mengajukan diri bila saja tertarik. Untuk berpartisipasi, kamu bisa mendapatkan infonya dari fakultas kesehatan masyarakat atau fakultas farmasi di universitas terdekat di kotamu.

Menariknya dari menjadi partisipan di sini adalah kamu biasanya akan diberikan makanan tiga kali sehari untuk satu atau dua minggu, bersama dengan obat yang mereka teliti. Setelah jangka waktu tertentu hingga penelitian berakhir, barulah kamu akan dibayar untuk partisipasi yang telah kamu luangkan. Bagi para mahasiswa atau anak kos yang ingin mendapatkan uang tambahan, cara satu ini sangat direkomendasikan lho.

 

Ikut Riset Produk

via wisegeek,com

via wisegeek,com

Tahukah kamu bahwa sebelum beredar di pasaran, biasanya perusahaan tertentu akan mengujicobakan sebuah produk kepada beberapa orang? Nah, berbagai perusahaan biasanya membutuhkan responden untuk produk mereka. Prinsipnya sama dengan partisipasi pada penelitian medis. Hanya saja, mengikuti riset produk biasanya tidak berlangsung lama.

Kamu hanya akan diundang satu hari atau maksimal tiga hari untuk datang ke kantor mereka dan mencoba produk yang akan diluncurkan. Lalu, kamu akan dimintai komentar secara komprehensif tentang produk tersebut. Tidak hanya komentar, kamu juga nanti akan dimintai saran untuk membuat produk tersebut semakin disukai di pasaran.

 

Jual Hasil Fotomu

via photoboxgallery.com

via photoboxgallery.com

Jika kamu punya hobi fotografi, kamu bisa lho benar-benar memanfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan uang tambahan. Bila hasil fotomu sangat dan teramat bagus untuk disimpan dan dinikmati sendiri, cobalah menjualnya ke beberapa situs yang memang akan menghargai hasil fotomu dalam bentuk uang. Alternatif lain yang bisa kamu lakukan ialah menjadi fotografer lepas untuk acara atau organisasi tertentu. Selain bisa mengembangkan hobi, kamu juga dibayar untuk sesuatu hal yang kamu sukai.

 

Menulis Artikel

via bloggingcage.com

via bloggingcage.com

Menghasilkan sesuatu dari tulisan adalah hal umum yang banyak kita temui di era seperti ini. Punya passion di bidang tulis-menulis tapi tidak punya banyak waktu untuk bekerja di kantor? Kirimkan saja karya tulismu ke beberapa situs yang membutuhkan penulis lepas. Jika tulisanmu bagus dan berhasil dipublikasikan, kamu akan mendapatkan bayaran deh.

 

Jadi Guru Les

via aceshowbiz.com

via aceshowbiz.com

Senang berbagi ilmu dan memberi manfaat bagi orang lain? Mengapa tidak coba menjadi guru les? Ini adalah salah satu ide kreatif yang mulia lho. Terlebih lagi jika kamu memang punya passion di bidang mengajar dan sifat sabar dalam menghadapi adik-adik yang usianya lebih muda darimu. Kamu bisa mulai mencoba menjadi guru les privat. Tanyakan saja kepada teman-teman atau kerabat dari keluargamu, apakah ada di antara mereka yang membutuhkan guru les untuk adik atau anak mereka.

Tidak berhasil? Coba lebih kreatif lagi! Kunjungi beberapa tempat les di sekitar rumahmu dan ajukan diri untuk menjadi pengajar di sana. Pastikan kamu mendaftar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu tempuh atau mata pelajaran yang kamu kuasai. Bila kamu sudah mahir berbahasa asing, bisa juga lho memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan nuang tambahan.

 

Buat Soal Ujian Sekolah

via eduvark.com

via eduvark.com

Jika kamu malas meluangkan waktumu untuk mengajar atau merasa bahwa passion-mu bukanlah di sana, cobalah alternatif ide kreatif lain yang lebih kamu sukai. Kamu bisa kok menjadi pembuat soal try out untuk beberapa tempat les yang sering mengadakan ujian bagi murid bimbingannya. Biasanya jika kamu diberikan kesempatan untuk membuat soal, kamu juga akan diminta untuk menjabarkan serta jawaban benar dan pembahasan jawaban tersebut.

Saran dari Nyoozee, jangan lupa untuk melihat kembali kemampuanmu ya. Jika kamu merasa mahir di bidang sosial, maka pilihlah subjek yang berada di ruang lingkup bidang sosial. Jangan memaksa diri untuk membuat soal-soal dari mata pelajaran lainnya, jika kamu tidak benar-benar yakin akan kemampuanmu di bidang tersebut. Sebab, kurang etis jika kamu memberikan penjabaran jawaban yang nanti dinilai kurang akurat.

 

Jadi Pembeli Misterius

via pinterest.com

via pinterest.com

Bagi kamu yang punya hobi belanja, mungkin menjadi pembeli misterius akan jadi sesuatu yang menarik untuk dicoba. Beberapa perusahaan yang ingin mengevaluasi kinerja pramuniaga di tokonya biasanya membutuhkan pembeli misterius. Tapi ada juga beberapa organisasi penyidik atau perusahaan lain yang ingin melakukan penelitian pasar yang menggunakan jasa pembeli misterius.

Jika kamu berminat, biasanya tugas yang nanti akan kamu lakukan tidak hanya berpura-pura menjadi pembeli. Kamu juga akan diminta untuk bertanya-tanya tentang produk atau jasa yang mereka berikan, melakukan komplain, atau bahkan diminta melakukan sesuatu di sana. Kemudian, kamu akan melaporkan beberapa detail tentang produk, pelayanan, atau hal-hal lainnya kepada perusahaan atau organisasi yang mempekerjakanmu.

 

Gunakan Kemampuan Mengemudimu

via bangkok.coconuts.co

via bangkok.coconuts.co

Punya kendaraan pribadi, bisa mengemudi, dan punya surat izinnya? Kamu bisa lho memanfaatkan ketiga hal tersebut untuk mendapatkan uang tambahan. Daftar saja sebagai driver di perusahaan yang menawarkan jasa antar-jemput yang bisa dipesan secara online. Siapa tahu selama perjalanan ke kantor atau kampus, kamu bisa mengangkut penumpang yang satu arah denganmu. Tidak repot, kan?

 

Ikut Survey Online

via youtube.com

via youtube.com

Merasa bahwa hal-hal di atas terlalu membutuhkan usaha yang banyak? Kamu bisa kok melakukan hal lainnya yang tidak akan menguras banyak energi. Coba saja ikuti riset-riset online. Kamu tidak perlu keluar rumah dan menyiapkan apapun. Tinggal duduk, hadapi layar laptop-mu dan jawab pertanyaan-pertanyaan riset tersebut sambil menyeruput minuman hangat. Pasti asyik!

Sebagai info tambahan, biasanya kamu harus mengikuti beberapa riset terlebih dahulu sebelum dana yang tersimpan dalam akunmu dapat benar-benar dicairkan. Memang tidak sebentar, sih. Oleh sebab itu, kamu harus lebih sabar untuk menunggu.

 

Promosikan Sesuatu Lewat Media Sosial

via boxchilli.com

via boxchilli.com

Aktif di media sosial dan punya banyak followers? Manfaatkan saja untuk mempromosikan sesuatu. Sebab, kamu pasti akan dibayar untuk itu. Tidak cukup sulit untuk melakukan marketing melalui media sosial yang kamu miliki dan kamu buka setiap harinya, bukan?

 


featured image via pinterest.com