7 Petuah Penuh Motivasi dari Bruce Lee

Siapa tak kenal dia? Pemuda yang sukses mengubah dunia dan menginspirasi banyak orang. Bernama asli Lee Jun Fan, pria kelahiran San Fransisco ini sukses menjelma menjadi sosok karismatik; bukan hanya bagi penggemar beladiri, tapi semua orang yang mengenalnya. Selain memang menjadi ikon dunia film laga hingga saat ini, Bruce Lee ternyata adalah sosok filsuf yang ternyata penuh dengan kata-kata berpitawat alias penuh nasihat. Ga percaya? Simak petuah-petuah Bruce Lee yang bisa membuatmu memikirkan kembali banyak hal dalam hidupmu.

 

1. Rajin dan Tekun dalam Hal Sederhana Bisa Membuatmu Ahli

Kita umumnya dibiasakan (atau dipaksakan) untuk hebat dalam segala hal. Sejak di Sekolah Dasar misalnya, kita dicekoki dengan seluruh mata pelajaran baik eksata maupun tidak. Padahal belum tentu semua orang hebat dalam segalanya. Bruce Lee pernah mengatakan,

Bruce Lee Qoute

via pinterest.com

Apa artinya 10.000 jenis tendangan yang hanya dilatih satu kali? Dibanding dengan satu jenis tendangan yang dilatih sampai 10.000 kali? Rajin dan tetap tekun dalam hal yang kamu lakukan (yang mungkin dianggap sederhana oleh orang lain), suatu saat kamu akan ahli melakukannya dan menunai hasilnya.

 

2. Bijaksanalah dalam Menghadapi Masalah

Ketika dihadapkan pada masalah, kita seringkali fokus pada masalahnya, lalu bereaksi seketika. Diganggu haters? Ini kata Bruce Lee soal menghadapi masalah dan ujian dalam kehidupan.

Bruce Lee Qoute

via thelastdragontribute.com

Bruce Lee mengatakan, “Seorang yang bijaksana akan memperoleh lebih banyak pelajaran dari sebuah pertanyaan bodoh, dibanding seorang bodoh yang mendapatkan jawaban pintar.”

Pertanyaan-pertanyaan bodoh  adalah perumpamaan untuk hal-hal yang mengganggu hidup kita. Sebodoh apapun gangguan yang terjadi pada hidup kita, akan selalu ada sisi pembelajaran positif yang bisa kita manfaatkan untuk masa depan kita.

 

3. Akui Kesalahan Secara Jantan

Kecuali kamu Fadli Zon, kamu pasti pernah berbuat salah. Karena pada dasarnya semua orang pasti pernah berbuat salah.  Tapi apa kita cukup berani mengakui kesalahan tersebut? Mengakui kesalahan berarti jujur pada diri sendiri dan orang lain, bahwa ketidaksempurnaan kita adalah bukti kita manusia.

Bruce Lee Qoute

via pinterest.com

Menurut Bruce Lee, semua kesalahan selalu bisa dimaafkan. Hanya saja harus ada yang berani mengakuinya. Bagaimana mungkin dimaafkan jika kita masih ngotot tidak bersalah? Selama kita menjadikan kesalahan adalah bagian dari proses menuju sesuatu yang lebih baik, kita akan berkembang.

 

4. Beradaptasilah dengan Lingkungan

Sebagai petarung, tentu saja fleksibilitas adalah hal yang penting dimiliki Bruce Lee. Tapi ternyata, bukan hanya berguna di atas matras pertandingan ataupun dalam sorotan kamera, fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi penting dimiliki kita semua. Seringkali kita menghadapi masalah ketika berada di tempat dan lingkungan baru, seperti kampus, kantor atau bahkan keluarga baru setelah menikah. Apa kata Sang Naga tentang ini?

Bruce Lee Quote

via thelastdragontribute.com

Di dalam hutan, justru pohon yang paling keras dan kaku adalah yang lebih mudah patah ketika diterjang angin. Perhatikan pohon bambu atau pohon willow yang tipis dan terlihat rapuh. Justru pohon inilah yang bertahan karena membengkok mengikuti terjangan angin.

Jadi, untuk apa kita memaksa diri untuk kaku pada beberapa hal yang ditentang lingkungan? Cobalah fleksibel. Toh, tidak selamanya pohon bambu akan terus membengkok kan? Lalu apa artinya kita harus menurut saja pada tekanan lingkungan? Bagaimana jika lingkungan menekan ke arah yang salah?

Lebih lanjut, bahkan Bruce Lee juga pernah mengatakan;

Bruce Lee Quote

via quotationof.com

Air selalu beradaptasi. Tidak peduli bagaimana bentuk wadahnya, air akan beradaptasi mengikutinya. Jadilah air. Fleksibel dan tenang. Tapi jangan lupakan sifat air yang juga bisa menghancurkan. Batu yang terkena tetesan air lama-lama akan berlubang. Air yang mengamuk dalam arus deras bisa menenggelamkan banyak hal di dalamnya. Jadilah air, kawan.

 

5. Jangan Menyerah, Ciptakan Peluangmu Sendiri.

Terkadang kita seringkali iri dengan orang-orang terlahir dengan kondisi lebih menguntungkan daripada kita. Orang tua yang lebih kaya, peluang bisnis yang lebih baik, kesempatan bersekolah yang lebih tinggi. Daftar ini tidak akan ada habisnya jika diteruskan. Ini kata ayah dari Brandon Lee dan Shanon Lee soal ini;

Bruce Lee Quote

via digitalstand.com

Mau jadi apa jika kita hanya terus mengutuki keadaan yang ada? Pungguk selamanya hanya akan merindukan bulan jika bertengger di dahannya. Peduli setan tentang keadaan, buatlah kesempatanmu sendiri!

 

6. Mulailah Melakukan

Sudah 5 kutipan dari Bruce Lee yang Nyoozee sampaikan. Pasti membuatmu tahu akan beberapa hal itu dan mengangguk-angguk tanda setuju. Ya sudah, mulailah melakukannya!

Bruce Lee Quote

via quotesgram.com

Tahu saja tidak cukup, dibutuhkan pengaplikasian agar hasilnya tampak. Ingin saja tidak cukup, harus benar-benar dilakukan agar segalanya berbuah hasil.

 

7. Jadilah Dirimu Sendiri

Kamu tidak setuju petuah-petuah Bruce Lee di atas? Silakan saja. Tapi pastikan kamu melakukan petuahnya yang satu ini;

Bruce Lee Quote

via slideshare.com

Karena apapun yang kamu lihat dari orang lain, itu bukanlah dirimu. Jangan hanya meniru orang sukses. Tunjukkan bagaimana jalanmu menuju kesuksesan. Selalu jadi dirimu sendiri, percaya dalam kemampuanmu, dan jadilah sukses!

 

 


2 Comments

Comments are closed.