Tips Kegiatan Ngabuburit Positif

Ngabuburit adalah istilah yang biasa dipakai oleh masyarakat Sunda sebagai kegiatan yang bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka. Berasal dari kata burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Istilah ini akhirnya digunakan secara umum, bahkan menjadi slogan dan nama acara di televisi.

Banyaknya orang yang menjalankan ngabuburit ini, melahirkan banyak cara seru dan asyik yang bisa dijalankan bareng keluarga ataupun teman. Ada banyak kegiatan seru dan positif yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Mulai dari berburu takjil, bermain game, hangout bareng teman dan masih banyak lagi. Namun, ada banyak kegiatan yang asyik namun juga bermanfaat yang ternyata bisa dilakukan saat ngabuburit.

Memasak

memasak bersama - via halalimportfoods.com

memasak bersama – via halalimportfoods.com

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit adalah memasak. Kegiatan yang satu ini biasanya memang dilakukan oleh kaum wanita, namun kaum pria juga tidak ada salahnya loh mencobanya. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan memasak, mulai dari menciptakan kedekatan dengan teman dan keluarga hingga menghemat pengeluaran untuk membeli takjil. Siapa tahu malah kamu bisa menjual hasil masakanmu untuk menambah uang di bulan puasa.

Berjualan Takjil

Takjil untuk berbuka puasa - via cirebontrust.com

Takjil untuk berbuka puasa – via cirebontrust.com

Kamu juga bisa mengisi kegiatan ngabuburit dengan berjualan takjil. Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Banyak orang yang memanfaatkan bulan Ramadhan untuk menambah penghasilan dengan cara berjualan takjil. Menunggu waktu berbuka sambil menghasilkan uang? Mengapa tidak?

Olahraga

Jogging - via cardiotrek.ca

Jogging – via cardiotrek.ca

Yakin ngabuburit diisi dengan berolahraga? Emangnya nggak haus? Eits, tenang olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan seperti jalan sore di sekeliling taman. Biasanya, kebanyakan orang lebih memilih untuk tidur sambil menunggu waktu berbuka. Padahal, kebanyakan tidur malah akan membuat tubuh menjadi cepat lemas. Untuk itulah kamu bisa mengatasinya dengan cara berolahraga. Seperti yang pernah dibahas lengkap di artikel ini.

Membaca Buku

Membaca buku - via surabaya.tribunnews.com

Membaca buku – via surabaya.tribunnews.com

Kegiatan ngabuburit positif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca buku. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini juga akan menambah ilmumu. Kalau mau menarik, pilihlah 1 buah buku yang cukup tebal, sehingga untuk membacanya dibutuhkan waktu sebulan atau kurang. Selama bulan puasa, kamu harus membacanya setiap hari dan menyelesaikannya sebelum lebaran tiba!

Kegiatan bakti sosial

ngabuburit positif

Buka puasa bareng anak yatim – via otomotif.metrotvnews.com

Kegiatan ngabuburit positif lainnya yang bisa anda lakukan adalah bakti sosial. Buat kamu yang memiliki rezeki lebih, kamu bisa mengajak rekan-rekanmu untuk menyisihkan sedikit uang untuk berbagi takjil buka puasa di jalanan atau di panti asuhan dengan anak-anak yatim. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya.

Jadi, jangan hanya tidur-tiduran saja menunggu datangnya waktu berbuka. Ada banyak kegiatan ngabuburit positif untuk mengisi waktu menunggu berbuka kok. Dengan tips-tips di atas, maka ngabuburit anda pun akan jauh lebih bermanfaat. Ada tips lain dari kamu? Sampaikan di kolom komentar ya!


featured image via mbandung.com