4 Cara Mengembangkan Usaha Dengan Sedikit Modal!


Menjamurnya startup dan seminar-seminar kewirausahaan adalah bukti semakin banyak orang yang mencoba peluang mengembangkan bisnis sendiri. Kalau kamu juga ingin seperti itu, selain berani kamu juga butuh perencanaan yang matang. Salah satu yang harus kamu rencanakan adalah mengelola modal yang ada.

Para taipan atau konglomerat pada awalnya pun memulai dari modal yang terbatas. Dari situ mereka mengelola sedemikian mungkin sehingga aset mereka terus membesar. Agar kamu para pemilik bisnis kecil dengan sedikit modal uang bisa jadi bisnis besar kelak, lakukan 4 hal ini agar bisnis bisa terus berkembang:

 

Manjakan Pelanggan

via inklinkmarketing.com

via inklinkmarketing.com

Dalam dunia bisnis banyak yang bilang bahwa pelanggan adalah raja. Meski tak sepenuhnya benar, ungkapan tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan usaha. Cobalah sebisa mungkin buat pelanggan nyaman ketika mereka membeli barang atau menggunakan jasa bisnismu.

Kamu bisa melakukannya dengan memberikan pelayanan yang baik, juga mendengarkan saran-saran yang diberikan pelanggan. Dengan melayani pelanggan sebaik-baiknya, kamu dapat memikatnya untuk kembali membeli atau menggunakan jasa bisnismu.

Malahan jika pelanggan suka dengan pelayananmu, ia bisa memengaruhi orang-orang sekitarnya untuk turut menggunakan atau membeli produkmu. Jumlah pelanggan bertambah, branding bisnis pun makin kuat.

 

Seimbangkan Anggaran Bisnis

via moble-cuisine.com

via moble-cuisine.com

Terkadang beberapa orang terlalu bersemangat ketika memulai bisnis, sehingga banyak membuat pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu.  Maka dari itu jika ingin mengembangkan usaha, hal mendasar yang harus diingat adalah selalu menyeimbangkan anggaran.

Rugi itu biasa, namun jangan biarkan kerugian mencekik kelangsungan hidup bisnis. Jika merasa merugi terus menerus, periksa ulang anggaranmu.

Apakah ada pengeluaran yang berlebihan? Adakah pengeluaran yang bisa dipangkas? Apakah keuntungan bisa lebih dimaksimalkan? Pastikan anggaran tersebut jadi seimbang, atau kalaupun tak bisa coba tekan kerugian seminimal mungkin.

 

Manfaatkan Internet Sebaik-baiknya

via newpathweb.com.au

via newpathweb.com.au

Supaya bisnis berkembang dan punya lebih banyak pelanggan, kamu juga harus piawai atau setidaknya mempelajari teknik memasarkan bisnis. Manfaatkan perkembangan teknologi internet untuk memasarkan produkmu.

Tidak perlu memasang baliho besar-besar di jalan raya, kamu bisa manfaatkan buzzer untuk mengiklankan produkmu. Kamu bisa mengganti iklan di televisi dengan video unik di media sosial sehingga orang-orang tertarik untuk membagikannya.

Cara lain memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnismu adalah bergabung dengan komunitas daring. Misalnya, kamu bergerak di bidang bisnis kuliner, cobalah untuk bergabung dengan komunitas food blogger di internet. Produk bisnismu dapat dipasarkan ke calon konsumen secara lebih spesifik. Sang food blogger tersebut juga secara tak langsung jadi pemasar produk kulinermu.

 

Fokuskan Bisnis

via businessetup.com

via businessetup.com

Selain mengiklankan, pengembangan bisnis juga identik dengan menambah produk atau jasa baru. Tapi jika ukuran bisnismu masih terhitung kecil, tidak usah terburu nafsu untuk melemparkan jenis produk atau jasa baru. Bisa-bisa, kelangsungan hidup bisnismu malah jadi terancam.

Untuk permulaan, cukup fokuskan bisnis ke satu jenis produk saja. Tidak lupa analisis kembali bisnis tersebut. Apakah sudah sesuai target? Jika tidak mencapai target apa penyebabnya? Apakah ada kompetitor? Bagaimana performa kompetitor?

Kalaupun ternyata kamu menemukan telah melakukan proses bisnis yang salah, jangan ragu untuk melakukan pivot; alias mengubah sebagian model bisnis ke model bisnis lain demi mendapatkan model bisnis yang lebih efisien dan menguntungkan.

 


featured image via thomrainer.com