Google dari Masa ke Masa


Seperti yang kamu tahu pada 1 September 2015, Google mengganti logonya menjadi lebih ceria dengan font baru yang terlihat seperti pada buku anak-anak. Dilansir dari google.blogspot.com perubahan ini dilakukan seiring dengan bagaimana Google telah berevolusi.

 

Logo Google saat ini. via express.co.uk

Logo Google saat ini. via express.co.uk

 

Dulunya Google hanya dapat diakses via komputer, sekarang pengguna dapat mengakses Google darimana saja. Maka, pergantian logo dilakukan sebagai refleksi perubahan yang telah terjadi (Tamar Yehoshua, Google VP, Product Management & Bobby Nath, Google Director of User Experience)

 

Menarik melihat perkembangan Google dari masa ke masa hingga menjadi sebesar ini. Sebagai wajah dari budaya internet, kemasyhuran Google bisa dibilang tidak terkalahkan. Bahkan kata Google masuk ke dalam Oxford dictionary sebagai transitive verb.

Namun, meski Google sangat dikenal, tahukah kamu Dahulu Google bahkan tidak menggunakan nama Google?

Adalah BackRub, nama yang pertama kali digunakan Larry Page dan Sergey Brin. BackRub adalah nama ketika mereka berdua pertama kali merintis layanan search engine internet yang berbasis di Stanford University. Baru pada 1997 Page dan Sergey merubah nama search engine mereka menjadi Google.

 

Ada yang punggungnya mau digaruk? via web.stanford.eu

Ada yang punggungnya mau digaruk? via web.stanford.eu

 

Nama Google diambil Larry dan Sergey dari istilah Matematika, yaitu “Googol”. Istilah Googol berarti angka 1 diikuti dengan 100 angka “0”. Larry dan Sergey mengambil nama itu karena misi mereka adalah menciptakan internet search engine yang menyediakan informasi tak terhingga banyaknya.

Sepanjang perkembangannya, Google diingat karena logonya yang berwarna ceria dan warna yang berbeda pada setiap huruf yang membangun kata Google. Namun, tahu ngga sih? Ternyata logo Google sebelum tahun 1999 belum memiliki warna yang tetap. Ditambah pada sekitar tahun 1999, ada beberapa konsep logo yang bahkan tidak berwarna seperti ciri khas logo sebelumnya. Berikut beberapa contoh logo Google, yang warnanya berbeda dari yang kita ingat.

 

Logo Google 1997. via gizmodo.com

Logo Google 1997. via gizmodo.com

 

Kayanya ada yang salah ya? Bukan salah, tapi ini logo Google tahun 1997. via Gizmodo.com

Sepertinya ada yang salah ya? Bukan salah, tapi ini logo Google tahun 1997. via Gizmodo.com

Konsep logo Google pada tahun 1999. via gizmodo.com

Konsep logo Google dengan warna dominan hitam pada tahun 1999. via gizmodo.com

 

Meski sekarang Google terkenal dengan berbagai layanan berbasis internet. Dahulu, Google hanya sebuah search engine. Baru pada 2004 muncul Gmail, layanan surat elektronik besutan Google. Ketika itu layanan surel Google langsung terkenal dan berhasil mengalahkan pendahulunya yaitu Yahoo dan Microsoft Outlook atau Live.

Sejak saat itu, Google terus melebarkan layanan internetnya sampai sebanyak sekarang. Berbagai macam layanan berbasis internet seperti Google Maps, Picasa, Youtube, Google Docs, dan banyak lagi layanan lainnya berhasil ditelurkan oleh Google.

 

Gmail Beta, yang dirilis tahun 2004. via archive.wired.com

Gmail Beta, yang dirilis tahun 2004. via archive.wired.com

 

Ketika itu layanan berbasis internet hanya bisa diakses via komputer. Pada November 2007, Google mengumumkan tentang OS Android, yang direncanakan akan memudahkan akses internet via perangkat mobile. Ketika itu OS Android diharapkan akan menjadi platform bagi semua telepon genggam. September 2008, Google bekerja sama dengan T-Mobile merilis G1, telepon genggam pertama yang dibuat dengan menggunakan OS Android.

 

T-Mobile G1, Moyang dari smartphone Android. via androidheadlines.com

T-Mobile G1, Moyang dari smartphone Android. via androidheadlines.com

 

Sekarang Google menjadi sangat besar dan perubahan logo tersebut seolah menjadi fondasi evolusi Google. Begitu besarnya Google, sampai-sampai Google mengubah manajemennya agar lebih efektif. Dalam usahanya tersebut, dibuatlah sebuah parent company bernama Alphabet yang menaungi Google.

Seiring dengan perkembangan zaman, Google terus berkomitmen untuk mengembangkan teknologi lebih jauh. Salah satu bentuk komitmen Google untuk terus berinovasi adalah Project Ara. Project Ara intinya kurang lebih ingin membuat smartphone layaknya PC rakitan. Jadi, kamu bisa memilih bagian-bagian dari smartphone seperti CPU, RAM, kamera, dan sebagainya.

Selain Project Ara, masih ada beberapa proyek lain yang sedang dikembangkan Google seperti Project Soli, Internet of Things, dan beberapa proyek lainnya.

 

 

Bukan PC aja yang dirakit. Di masa depan, smartphone juga. via gizmag.com

Bukan PC aja yang dirakit. Di masa depan, smartphone juga. via gizmag.com

 

Google berkomitmen untuk selalu terdepan dalam mengembangkan teknologi untuk para penggunanya. Mungkin sekitar 10 sampai 15 tahun mendatang, dunia kita sudah layaknya film Back to The Future. Ketika alat-alat canggih seperti hoverboardsmart-jacket (bisa pas secara pintar dengan ukuran tubuh dan mengeringkan sendiri), smart-shoes dan lain lain, sudah menjadi kenyataan.

 

 

 


featured image via livetradingnews.com