Ingat Etika Makan Berikut Saat Kamu di Negara-Negara Ini


via communityorangemagazine.com

Budaya merupakan cara hidup yang dimiliki oleh suatu kelompok. Cara hidup tentunya melingkupi berbagai kegiatan yang dilakukan manusia dalam kehidupannya, termasuk kegiatan makan. Cara atau etika makan yang dimiliki oleh suatu negara bisa berbeda dengan negara lainnya.

Kalau di Indonesia, kita cenderung menganggap bahwa makan dengan menggunakan tangan tanpa sendok, garpu, atau alat makan lainnya itu merupakan hal yang biasa. Namun belum tentu demikian halnya ketika kamu di negara lain.

Setiap negara memiliki etika makan masing-masing. Contohnya adalah sebagai berikut.

1. Tiongkok

Via shutterstock.com

Via shutterstock.com

Kalau di beberapa negara mungkin bersendawa atau makan dengan menyisakan remah-remah di meja termasuk perilaku yang tidak sopan. Tapi tidak demikian halnya di negara Cina. Menurut etika makan Tiongkok, hal ini justru dianggap biasa, bahkan dianggap sebagai bukti kepuasan terhadap masakan kokinya.

Selain itu, jangan makan ikan di Tiongkok dengan membalik tubuh ikan ketika salah satu sisinya sudah habis kamu makan. Hal itu dianggap sebagai “dao yue”, yang berarti nasib buruk. Jadi, lebih baik tulang-tulang dan duri ikan dibersihkan dulu sebelumnya, baru kita makan dagingnya.

 

2. Korea

Via best-travelcenter.blogspot.com

Via best-travelcenter.blogspot.com

Bagi masyarakat Korea, menghormati orang yang lebih tua merupakan hal yang sangat penting. Ini pun termasuk saat makan. Di Korea, kamu harus selalu mempersilakan orang tua untuk mulai makan terlebih dahulu, baru yang lebih muda menyusul. Demikian juga ketika selesai makan. Mereka akan menunggu orang yang lebih tua untuk beranjak dari meja terlebih dahulu.

Selain itu, minuman yang diberikan oleh orang yang lebih tua juga harus diterima dengan dua tangan. Kamu harus pula mencicipinya sebagai tanda penghormatan.

 

3. Jepang

etika makan negara jepang tempura sumpit

oleh Luca Tettoni/Corbis via www.toptravelblogs.co.uk

Etika makan di Jepang tidak memperbolehkan kita untuk memberikan makanan ke piring orang lain dengan sumpit kita. Tentu kurang sopan juga kan, menggunakan alat makan yang sudah masuk ke mulutmu untuk mengambilkan makanan orang lain.

Menunjuk seseorang dengan sumpit juga dianggap tidak baik dan menghina lho. Jadi jangan melakukannya ya. Kamu pun sebaiknya tidak  menusuk makanan dengan sumpit karena dianggap tidak sopan.

Kalau kesulitan mengambil makanan dari piring hidangan tanpa menusuk, dekatkan piringmu dengan piring makanan tersebut lalu pindahkan dengan menggeser. Kalau kesulitan saat makan dari mangkokmu sendiri, dekatkan mulutmu pada mangkok agar lebih mudah menyuapkan makanan.

 

4. Perancis

etika makan negara perancis

via www.bbc.co.uk

Mungkin di bayangan kebanyakan orang, orang-orang barat cenderung makan dengan alat makan berupa sendok, garpu, dan pisau. Tapi sebenarnya di Perancis, orang-orang juga biasa makan dengan menggunakan roti sebagai sendok lho. Jadi, roti itu bukan makanan pembuka, melainkan bagian dari makanan utama.

Di Perancis, membayar makanan sendiri-sendiri atau patungan juga dianggap tidak sopan. Jadi kalau tidak mau kena masalah, selalu siap untuk jadi yang membayar ya kalau makan di Perancis.

 

5. Italia

Via sidetour.com

Ada yang sering minta keju tambahan kalau makan di restoran yang menyajikan pizza dan pasta? Jangan lakukan ini di Italia ya. Itu dianggap tidak sopan.

Kalau kamu penggemar berat cappuccino, sebaiknya minum saat pagi hari ya. Kalau di Italia, cappuccino itu umumnya diminum di pagi hari. Kalau kamu minum di waktu-waktu lain, pasti akan dianggap aneh.

 

6. Chili

Via pixabay.com

Via pixabay.com

Nah, orang Indonesia yang biasa makan dengan tangan harus hati-hati kalau ke Chili. Orang-orang di Chili terbiasa makan dengan sendok, garpu, dan pisau. Seperti kita juga pada umumnya. Meski demikian, etika makan di Chili melarang kamu untuk menyentuh makanan secara langsung dengan tangan. Hal ini dianggap tidak sopan. Kamu harus selalu menggunakan alat makan, sekecil apapun makanannya.

 

Menghormati budaya lain saat menikmati makanan itu penting lho. Tapi jangan lupa juga tetap melestarikan budaya-budaya bangsamu juga ya.

 


featured image via communityorangemagazine.com