Fotografi Arsitektur untuk Pintu, Jendela, dan Lantai


Fotografi arsitektur biasanya adalah foto dari bangunan maha megah atau bangunan wisata ikonik dari suatu daerah. Meski begitu, sebenarnya foto arsitektur bisa dimulai dari sesuatu yang sederhana; contohnya pintu, jendela, dan lantai keramik.

Meski sering dianggap remeh, sebenarnya pintu, jendela, juga lantai keramik bisa menjadi objek foto yang menarik loh! Seperti beberapa fotografer berikut ini, yang berhasil menangkap keindahan pintu, jendela, juga lantai keramik di berbagai belahan dunia. Yuk, simak:

 

Fotografi Arsitektur Pintu dan Jendela Rumah dari Vicente Goncalves

Andre Vicente Goncalves adalah seorang fotografer yang berhasil menangkap sisi lain (bukan secara harafiah) dari pintu dan jendela. Demi menangkap keindahan tersebut, fotografer lulusan ilmu komputer ini pergi jalan-jalan ke berbagai negara. Karyanya dipamerkan di laman web-nya andrevicentegoncalves.com dengan tajuk Doors of the World dan Window of the World.

Fotografi arsitektur pintu rumah

Pintu-pintu di Portugal. via andrevicentegoncalves.com

Andre Vicente adalah seorang portugis, maka Doors of the World akan terasa tak lengkap jika tak memasukkan foto pintu-pintu dari negara asalnya. Dalam foto kolase di atas, Andre berhasil menangkap keindahan keberagaman bentuk pintu yang ada di Portugal.

Keseragaman dalam perbedaan. via andrevicentegoncalves.com

Keseragaman dalam perbedaan. via andrevicentegoncalves.com

Untuk kolase foto di atas ini, Andre pergi ke Inggris demi menangkap keindahan pintu-pintu yang ada di sana. Meski terlihat sangat beragam dan warna-warni, tetapi ada beberapa hal yang membuat pintu-pintu yang ada di Inggris seakan terlihat agak bertema. Apakah kamu menemukan temanya?

 

jendelaburano

Warna warni jendela di kota Burano. via andrevicentegoncalves.com

Foto kolase di atas ini merupakan salah satu koleksi karya Andre Vicente dengan tema Window of the Worlds. Dalam foto ini, kita bisa melihat warna-warni jendela beserta tembok rumah-rumah di Burano, sebuah pulau di Laguna Venesia.

jendela venice

Jendela klasik ala eropa. via andrevicentegoncalves.com

Tak hanya di Burano, Andre juga pergi ke Venesia untuk menangkap keindahan jendela di “City of Mask” ini. Dari kolase foto jendela-jendela di kota seribu kanal ini, kamu bisa melihat unsur klasik ala italia yang berhasil Andre rangkumkan.

 

Sebastian Erras dan Fotografi Arsitektur Lantai di Paris

Selain pintu dan jendela, keindahan arsitektur juga bisa datang dari hal sederhana lainnya. Sebastian Erras adalah salah satu orang yang menyadari hal ini. Fotografer asal Jerman ini menangkap dan mengabadikan keindahan lantai keramik yang ada di berbagai tempat di Paris, Perancis. Pada laman web-nya, sebastianerras.com, Sebastian memamerkan koleksi foto tersebut dalam tema Parisian Floor.

lantaiparis2

Lantai hitam-putih. via sebastianerras.com

Sebastian tak hanya berhasil menangkap keindahan dari lantai keramik bangunan di Paris. Ia juga berhasil memberi kesan unik pada fotonya dengan memasukkan elemen sepatu berwarna seirama dalam komposisinya.

via sebastianerras.com lantaiparis1

Perpaduan lantai dan sepatu yang selaras. via sebastianerras.com

lantaiparis4

Lantai domniasi putih dengan sepatu putih. via sebastianerras.com

lantaiparis3

Lantai bertema kerajaan. via sebastianerras.com

Sebastian juga menunjukkan tak perlu sulit membuat foto lantainya selaras dengan sepatu yang digunakan. Cukup sesuaikan warna sepatu dengan warna dominan dari si lantai, seperti sepatu hitam untuk foto lantai dengan warna hitam dan sepatu putih untuk foto lantai dengan dominasi warna putih.

Tempatkan juga kakimu di posisi yang simetris. Ini akan menambah daya tarik dan keseimbangan fotomu. Bagaimana? Menarik bukan?

 

Fotografi Arsitektur Hasil Karya Pengguna Instagram Asal Indonesia

Bukan hanya fotografer asal luar negeri saja yang berhasil membuat arsitektur sederhana menjadi karya foto yang indah. Ada juga fotografer lokal yang berhasil menangkap keindahan di balik bagian bangunan yang kadang kita lupakan keindahannya.

A photo posted by Rimba saputra (@sapoetra95) on

Pengguna Instagram bernama Rimba Saputra dalam akun @sapoetra95 adalah salah satu contohnya. Seperti Sebastian Erras, ia berhasil menangkap keindahan lantai hitam-putih berpola kotak dengan menambahkan sedikit permainan perspektif.

A photo posted by Mohtar Arifin/Ivin (@aviapn) on

Begitu juga pengguna Instagram bernama Mohtar Arifin pada akun @aviapn. Keindahan foto jendela tak hanya dapat dibuat dengan kolase saja. Rumah susun dengan banyak jendela juga bisa menjadi alternatif foto jendela.

A photo posted by 2ndmanager (@ipaaaaaaaaaan) on

 

Jendela sudah, pintu pun sudah, selanjutnya mungkin kita bisa menangkap keindahan tangga! Pengguna Instagram @ipaaaaaaaaaan contohnya, ia berhasil menangkap keindahan di balik tangga yang berpola spiral.

A photo posted by Arsa Nugraha (@arsanugraha) on

Tak hanya dari sudut atas atau bawah, tangga juga bisa menjadi foto yang bagus dari sisi samping. Pengguna Instagram bernama Arsa Nugraha pada akun @arsanugraha contohnya. Ia berhasil menangkap keunikan di balik tangga elevator yang saling silang.

 

Bagaimana, tertarik untuk mulai mengabadikan komponen arsitektur sederhana dari lingkungan keseharianmu?