Kincir Psikedelik Karya Anthony Howe Ini Bisa Jadi Akan Membuatmu Terhipnotis


Anthony Howe merupakan seniman asal Amerika yang membuat karya seni tiga dimensi. Bahan yang biasa gunakan adalah logam anti karat (stainless). Kalau kita lihat, karya yang ia buat bentuknya mirip seperti ubur-ubur atau rambut Medusa.

Untuk menikmati karya seni buatan Anthony ini kamu harus memerhatikannya dengan tenang. Tunggu hingga udara di sekelilingmu bergerak. Pesona karya-karya seninya akan semakin terpancar seiring pergerakan angin. Bentuk-bentuk yang dihasilkannya bisa jadi akan membuatmu terpukau. Seperti yang berikut ini:

 

via Youtube Perpetual Useless

In Cloud Light via Youtube Perpetual Useless

 

Kalau dalam temaram lampu tampilannya seperti ini.

 

In Cloud Light via thisiscolossal.com

In Cloud Light via thisiscolossal.com

 

Bandingkan sewaktu karya seni ini tidak bergerak. Terlihat seperti patung logam abstrak biasa saja kan?

 

In Cloud Light via howeart.net

In Cloud Light via howeart.net

 

Karena memanfaatkan angin, karya-karya buatan Anthony Howe ini mungkin bisa disandingkan dengan kincir atau hiasan dreamcatcher. Kebanyakan media seni sih menyebut Anthony Howe sebagai perupa kinetik.

Dalam dunia fisika, kata kinetik biasanya berhubungan dengan gerak. Mengingat karya-karyanya memang dimaksudkan untuk bergerak dan terlihat jauh lebih memukau ketika sedang bergerak ketimbang sedang diam, istilah itu terdengar cocok.

 

via Youtube Anthony Howe

Corona via Youtube Anthony Howe

 

Anthony Howe tidak tiba-tiba terjun langsung ke karya seni tiga dimensi seperti ini. Pada tahun 1979 ketika usianya baru 25 tahun, ketimbang dengan gergaji dan logam, Anthony lebih sering bergelut dengan kuas, cat, dan kanvas. Ia mendalami bidang seni lukis selama lima tahun. Ia pindah haluan membuat karya seni dimensi atau lebih tepatnya seni rupa kinetik baru di tahun 1985.

 

Kweebe via Youtube Anthony Howe

Kweebe via Youtube Anthony Howe

 

Dalam video berikut, Anthony menceritakan tentang proses hijrahnya tersebut. Ia tertarik untuk membuat karya seni rupa kinetik karena bosan terus-terusan berkutat dengan tampilan visual yang statis. Ia ingin sesuatu yang dinamis.

 

 

Pilihan Anthony memakai material logam terinspirasi dari Kota New York. Sewaktu ia masih tinggal di kota itu, ia mengamati bahwa eksterior kota berjuluk The Big Apple tersebut penuh dengan benda-benda yang terbuat dari logam. Kombinasi dua hal itulah yang kemudian mengilhaminya membuat karya seni seperti sekarang.

 

via Youtube Anthony Howe

via Youtube Anthony Howe

 

Supaya bisa jadi menakjubkan seperti itu, Anthony Howe terlebih dulu merancang desainnya menggunakan bantuan software desain tiga dimensi. Ia lalu membentuk bagian-bagian karyanya menggunakan teknik plasma cutter. Sesudahnya, Anthony menyempurnakan dengan teknik pembuatan logam secara tradisional.

Bentuk-bentuk yang ia ciptakan tidak terbatas seperti kincir angin saja. Ada juga yang berbentuk wajah manusia (“About Face”), atau seperti panel surya pembangkit listrik tenaga matahari (“My Father’s Influence“) dalam video di atas.

 

About Face via Youtube Perpetual Useless

About Face via Youtube Perpetual Useless

 

Untuk karya yang lebih rumit seperti ini, Anthony menciptakan semacam mekanisme penggerak di bagian belakang. Tenaga penggeraknya tentu saja tetap mengandalkan angin.

 

Mekanisme penggerak via Youtube Anthony Howe

Mekanisme penggerak via Youtube The Creators Project

 

Sudah terhipnotis melihat berbagai karya seni rupa kinetik karya Anthony Howe? Kalau masih kurang, kamu bisa melihat karya-karyanya yang lain di kanal Youtube-nya di sini.