Koleksi Lukisan Pasir Tim Bengel yang Mengesankan

lukisan pasir tim bengel via timbengel.com
via timbengel.com

Kalau kamu adalah pembaca setia kanal seni dan sastra di Nyoozee, kamu pasti telah mengenal beberapa seniman dengan karya-karya inspiratif yang sudah dibahas sebelumnya. Ada Anthony Howe dengan kincirnya, Takanori Aiba dengan rumah pohon bonsainya, Sebastian Erras dengan foto arsitektur lantai, Cristophe Guinet dengan garden sneakersnya, juga Fau dengan sketsa tiga dimensinya.

Untuk referensi seni kali ini, Nyoozee akan memperkenalkanmu dengan seniman yang menggunakan pasir sebagai objek dan media kreativitasnya. Selama ini, mungkin kamu hanya mengenal pasir sebagai hamparan luas yang menghiasi pantai. Lebih jauh, paling hanya sebagai media untuk menciptakan terarium saja di rumah. Padahal, kalau kamu ingin gila-gilaan mengeksplorasi jiwa kreatifmu, objek satu ini bisa menjadi sesuatu yang punya nilai estetika lebih, lho.

 

lukisan pasir tim bengel via vimeo.com

Di tangan Tim Bengel, pasir bukan sekadar objek penghias pantai atau media membuat terarium via vimeo.com

 

Misalnya coba lihat apa yang dilakukan oleh Tim Bengel. Ia adalah seniman muda asal Jerman. Di penghujung tahun 2016 ini, dirinya baru akan berusia 25 tahun. Meski masih muda, tapi kreativitasnya bisa dikatakan menyamai seniman-seniman senior yang sudah lebih dulu menggeluti kreasi seni pasir ini.

 

lukisan pasir tim bengel via germany.travel

Kunjungan pertama kalinya Tim Bengel ke Staatsgalerie Stuttgart ini membuatnya jatuh cinta dengan dunia kesenian via germany.travel

 

Momen “aha” Tim Bengel terjadi sesudah ia pulang dari Staatsgalerie Stuttgart, Jerman. Dari sana ia mulai jatuh cinta pada karya-karya seni yang dipajang dan dipamerkan. Melihat banyak hal yang indah dan memukaunya, Tim Bengel terdorong untuk berkreasi dan menciptakan sesuatu yang bisa memukau mata dan memperindah dunia.

Tidak lama setelah itu, ia mulai menelusuri minat dan bakatnya di dunia seni. Ia mencoba mereplikasi berbagai karya seni yang dilihatnya sebagai langkah pencarian gaya berkeseniannya. Hingga kemudian, ia memberanikan diri untuk unjuk gigi di usia 18 tahun. Ia berhasil pulang sebagai pemenang kompetisi seni yang diadakan di sekolahnya.

Semakin teryakinkan lewat kemenangannya dalam kompetisi seni tersebut, Tim Bengel terus mengekplorasi kemampuan dan ketertarikannya pada dunia seni. Ia juga belajar filsafat dari ilmu seni itu sendiri, untuk lebih mendalami serta memperkaya insipirasi dalam berkarya.

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel

Di usianya yang cukup muda, ia sudah terkenal karena kepiawaiannya berkreasi dengan pasir dan emas via instagram.com/timbengel

 

Dengan berbagai proses yang telah dilaluinya, kini nama Tim Bengel jadi populer sebagai seniman yang berkreasi menggunakan pasir untuk membuat lukisan. Tidak hanya pasir, seiring waktu ia pun menambahkan material berupa emas untuk dikombinasikan membuat seni yang epik.

Penasaran dengan lukisan pasir karyanya? Yuk, langsung simak gambar-gambarnya di bawah ini:

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Palace of Versailles karya Tim Bengel via instagram.com/timbengel/

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Messe Stuttgart karya Tim Bengel via instagram.com/timbengel/

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Lukisan pasir bergambar ayah Tim Bengel lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Adik Tim Bengel dan lukisan pasir dengan wajahnya via instagram.com/timbengel

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Persembahan Tim Bengel untuk pesta pembukaan Stuttgart Beer Festival via instagram.com/timbengel

 

lukisan pasir tim bengel via instagram.com/timbengel/

Lukisan pasir terinspirasi dari wajah sahabatnya, Joel via instagram.com/timbengel

 

Karya-karyanya terlihat begitu mengesankan ya. Pasti kamu jadi ingin wajahmu dibuatkan jadi lukisan juga oleh Tim Bengel.

 


featured image via timbengel.com