Social Media Week Jakarta 2016: Bukan Sekadar Event Sosmed!


by akun Social Media Week Jakarta - via facebook.com

Sebaiknya kamu berbangga diri karena Jakarta adalah kota pertama di Asia Tenggara yang menyelenggarakan acara Social Media Week (SMW). Memangnya kenapa? Tentu saja karena SMW adalah salah satu social media event terbesar yang pernah ada. Selain Jakarta, ada beberapa kota lain yang secara serempak menyelenggarakan acara ini yaitu Hamburg, New York, dan Lagos.

Tema acara yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 Februari 2016 ini adalah The Invisible Hand: Hidden Forces of Technology. Tema tersebut dinilai cocok karena teknologi saat ini, mulai dari smartphone hingga internet, begitu lekat dengan kegiatan sehari-hari seseorang. Bahkan sampai pada tahap teknologi menjadi tangan tak terlihat yang menggerakkan berbagai hal.

Bertempat di Senayan City Jakarta, Social Media Week membahas berbagai hal terutama terkait pentingnya media sosial bagi perusahaan, media, pemerintah, hingga usaha kecil menengah (UKM). Harapannya tentu acara ini bisa menjadi inspirasi bagi para pekerja digital pada industri tersebut.

Pada awal penyelenggaraannya, yakni tujuh tahun lalu di New York, media sosial memang sedang happening. Indonesia pun dianggap sebagai salah satu negara yang paling banyak memanfaatkan media sosial untuk berbagai keperluan. Oleh karena itulah, event ini diadakan juga di Jakarta.

Sebetulnya ini bukan pertama kalinya Social Media Week terlaksana di Jakarta. Tahun lalu sudah ada SMW Jakarta 2015. Ini bermula dari Chief Executive Officer Merah Cipta Media Group, Anthony Liem, meminta izin penyelenggaraan SMW di Jakarta kepada penyelenggara Social Media Week di New York. Karena antusiasme masyarakat yang tinggi tahun lalu, Social Media Week Jakarta kembali diselenggarakan tahun 2016.

Seiring berjalannya waktu, untuk menjawab tantangan globalisasi, penyelenggara event dari masing-masing negara melebarkan cakupannya. Penyelenggara tidak hanya merangkul sosial media, tetapi juga wilayah teknologi secara luas. Jadi, semua aspek tentang teknologi, terutama yang sedang berkembang di Indonesia, ambil bagian dalam SMW Jakarta 2016.

Lalu, apa saja yang bisa didapatkan di Social Media Week? Berikut Nyoozee paparkan beberapa di antaranya.

 

Pameran Produk Teknologi

pameran

by akun Social Media Week – via facebook.com

Di Social Media Week, kamu akan mendapati sebuah hall yang berisi standstand dari berbagai brand teknologi. Kamu tidak hanya bisa bertanya-tanya soal teknologi yang mereka usung, tetapi juga menjajal sendiri teknologi tersebut.

Misalnya, ada Ar&co yang akan mengajakmu menggunakan teknologi augmented reality untuk menggerakkan mobil mainan. Ada juga Acer yang tidak hanya memamerkan produk laptop canggihnya, tapi juga menantangmu bermain game menggunakan laptop gaming yang diusungnya.

 

Konferensi

by akun Social Media Week Jakarta - via facebook.com

by akun Social Media Week Jakarta – via facebook.com

Sesi ini lebih fokus menghadirkan pengalaman atau pandangan pimpinan perusahaan/brand dari berbagai negara. Beberapa conference yang diadakan 2016 ini di antaranya presentasi dari Brand Development Instagram mengenai penggunaan Instagram untuk bisnis skala kecil dan besar di Indonesia.

Selain itu ada juga presentasi dari Product Partnership Facebook soal cara membangun, mengembangkan, dan me-monetize platform Facebook.

 

Masterclass

by akun Social Media Week Jakarta - via facebook.com

by akun Social Media Week Jakarta – via facebook.com

Dalam sesi ini kamu akan diberikan kesempatan untuk belajar tentang suatu teknologi atau ilmu tertentu. Dalam waktu 90 menit, kamu akan mengikuti sharing secara mendalam dengan pakar di dunia industri terkait.

Beberapa masterclass yang ada di antaranya adalah tentang bagaimana cara mengelola bloggers dan influencers, membuat infografik dan social data, serta membuat metriks pengukuran media sosial.

 

Networking Night

by akun Social Media Week - via facebook.com

by akun Social Media Week Jakarta – via facebook.com

Ini adalah sebuah acara berjejaring yang dibuat bagi para peserta SMW 2016 untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan pesera lain. Dalam acara ini kamu akan bertemu senior-senior founders, marketers, entrepreneur, influencers, dan pekerja digital lainnya. Dengan begitu, diharapkan suatu saat nanti kamu bisa menjalin kerja sama dengan mereka.

 

Community Meetup

by akun Social Media Week - via facebook.com

by akun Social Media Week Jakarta- via facebook.com

Sesi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kamu bisa mengikuti presentasi dan diskusi bersama pegiat komunitas atau pekerja digital. Kamu akan belajar berbagai hal terkait media sosial mulai dari menulis konten viral, mengefektifkan media sosial, cara mendapatkan 60 juta pageview, tips seputar konten video, hingga menemukan keajaiban tersembunyi di Tumblr.

Adapun sesi ini menghadirkan beberapa perusahaan dan komunitas yaitu Kompas, KMK Online, Razer, Qlue, dan lain sebagainya.

 

Menarik ya. Kamu yang tertarik untuk bekerja di industri kreatif di media mungkin bisa ikut yang tahun depan?

 


Featured image by akun Social Media Week Jakarta – via facebook.com